ABDSI dan ASEAN Secretariat Jalin Kerjasama Integrasi Pasar UMKM ASEAN

ABDSI dan ASEAN Secretariat Jalin Kerjasama Integrasi Pasar UMKM ASEAN

ABDSI menjalin kerjasama dengan ASEAN Secretariat untuk membangun kolaborasi di tingkat regional dalam isu pengembangan UMKM. Hal ini menjadi tema dalam diskusi pendahuluan antara DPN ABDSI dengan ASEAN Secretariat pada hari Selasa 4/03/2023 di Kantor Sekretariat ASEAN Jalan Sisingamangaraja, Jakarta.

Hadir dalam rapat tersebut dari DPN ABDSI Ketua Umum Cahyadi Joko Sukmono, Wakil Ketua V Bidang Kemitraan dan Kerjasama Romi Junanto Utama, dan Wakil Sekjen Robi Bratawijaya. Sedangkan dari ASEAN Secretariat dihadiri oleh Director Enterprise & Stakeholders Engagement Division, Direktorat Market Integration Amri Bukhairi Bakhtiar yang didampingi oleh staf officer Rahma Lestari dan Rifki Weno.

Dalam rapat dibahas berbagai peluang kerjasama terutama terkait upaya integrasi pasar regional ASEAN melalui penguatan multistakeholders. Amri Bukhairi menyampaikan bahwa ASEAN Secretariat mememiliki platform ASEAN Access yang diharapkan dapat menjadi sistem kerjasama antara negara dalam rangka menumbuhkan UMKM.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut juga dibahas berbagai peluang kolaborasi dalam pengembangan UMKM ASEAN agar kompetitif dalam pasar global. Cahyadi menyampaikan bahwa ABDSI memiliki program ASEAN BDS Connection, yaitu program untuk membangun jaringan konsultan UMKM dari berbagai negara yang menjadi anggota ASEAN yang dijalankan mulai tahun 2023 ini. Amri dan tim dari Sekretariat ASEAN melihat hal tersebut sebagai program yang bagus dan akan memfasilitasi ABDSI untuk bisa berjejaring dengan BDS dan konsultan UMKM se-ASEAN.

Dalam bulan depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN Presidential Forum yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei 2023. Para Pemimpin ASEAN akan membahas sejumlah isu penting dalam rangka mendorong kawasan ASEAN yang lebih kuat dalam menghadapi tantangan, serta memperkuat ketahanan ekonomi ASEAN. Sejalan dengan tema yang diusung dalam Keketuaan Indonesia ASEAN Matters, yaitu Epicentrum of Growth, ABDSI juga mempersiapkan diri menjadi epicentrum of ASEAN SME Connection.

Beberapa isu yang akan dibahas dalam KTT ke-42 ASEAN ini berkisar pada tema-tema penguatan institusi ASEAN, penyusunan Visi ASEAN Pasca 2025, pemulihan ekonomi pasca pandemi, penguatan arsitektur kesehatan di kawasan, serta isu penting lainnya di kawasan, seperti perkembangan implementasi 5PC di Myanmar dan perkembangan lainnya di luar kawasan. (Rob/)

Artikel Terkait

Beri komentar

WordPress Lightbox